Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

‘DUNIA INVESTASI PROPERTI’ BISNIS ATAU PROPERTI ?

‘DUNIA INVESTASI PROPERTI’ BISNIS ATAU PROPERTI ?

Posted : 23 May 2016

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

 

Salam rumah untuk semua,

 

Pak Eric, sebenarnya mending mana kalau uang dilarikan ke bisnis atau properti  ? Begitulah pertanyaan salah seorang peserta kelas saya. Lalu mana yang benar ? He he he

Ada tipe orang yang suka berbisnis supaya lebih cepat berkembang, maka propertinya dia sewa saja, sehingga uangnya bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya dan jikalau lokasinya bermasalah ya tinggal pindah saja. Apakah tepat seperti itu ? banyak faktor sih tergantung jenis bisnisnya dan pola pikir dari pebisnisnya. Bisa benar bisa juga salah.

Ada juga tipe orang yang suka properti tapi dia tidak bisa berbisnis, setiap ada uang lebih, dia pastikan sisihkan untuk membeli properti. Kalau anda tipe orang seperti ini, maka sebaiknya sewakan saja properti anda, atau anda bisa menjalin kerjasama dengan orang lain yang memang jago berbisnis.

Kalau anda memiliki kemampuan menggabungkan bisnis dan properti maka lakukanlah. Sama seperti yang saya lakukan, saya memiliki usaha kursus dan saya membeli properti dengan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Bisnis kursus adalah bisnis jangka panjang, jadi return-nya cukup lama, sehingga tidak cocok jika hanya menyewa tempat. Bagaimana kalau salah piih tempat ? Ya tentunya lokasinya disurvei dulu minta pendapat ahli properti ( mau tanya saya juga boleh ;p ). Kelilingi tempatnya terus berkali-kali sampai anda merasa nyaman dengan lokasinya. Seandainya ternyata setelah buka usaha tidak jalan, ya anggap saja investasi properti, toh propertinya bisa dijual kembali dan harganya pasti naik dan pasti untung.

Balik lagi ke saya, saya menggabungkan bisnis kursus  dengan properti, tentunya saya beli setelah saya yakin dengan lokasinya. Saya beli dengan menggunakan KPR, kemudian saya kembangkan bisnis saya sehingga bisnis saya bisa menutupi cicilan setiap bulan. Asik kan dapat bisnis dan dapat propertinya. DOUBLE COMBO. J

Semoga memberikan pencerahan buat para sobat properti

Selamat berinvestasi dengan cerdas.