Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

ADUH SUSAHNYA NGUMPULIN DP UNTUK KPR

ADUH SUSAHNYA NGUMPULIN DP UNTUK KPR

Posted : 05 June 2016

DP = Down Payment (Uang Muka ); KPR = Kredit Pemilikan Rumah

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

 

                                                                                               

Salam rumah untuk semua,

 

Hai sobat properti, senangnya menyapa anda di hari yang indah ini. Saya selalu berdoa semoga anda semakin cerdas dalam berinvestasi properti. He he he. Sehingga saya tidak sia-sia dalam membagikan artikel investasi properti.

Orang-orang dengan usia 25 tahun – 40 tahun seharusnya sedang berada di posisi puncak karirnya. Tetapi masalahnya kebanyakan dari mereka baru kepikiran serius beli rumah ketika sudah atau akan menikah. Kendala mereka yang terutama ternyata bukan dari masalah penghasilan tetapi dari masalah DP. Karena untuk pengajuan proses KPR, minimal harus punya DP 30 % ( disesuaikan dengan aturan LTV ). Terkadang buat sebagian orang sulit sekali untuk ngumpulin DP. Bisa dikarenakan beberapa sebab, ya yang ini kita perlu jujur aja sama diri sendiri. Ha ha ha. Tentunya di satu sisi berhemat itu penting sekali.

Tapi yang saya mau bagikan disini adalah strategi agar kita bisa mengumpulkan DP lebih cepat, sehingga impian anda memiliki rumahpun akan segera tercapai.

Strategi pertama adalah beli emas LM ( Logam Mulia ) mulai dari pecahan 10 gram – 100 gram ( kalau lebih kecil dari 10 gram, biaya dan keuntungannya tidak sebanding ). Cara ini saya belajar dari mama  saya, yakni tentang kedisiplinan. Setiap kali beliau ada uang, beliau langsung belikan LM 100 gram. Kerja kerja kerja, terus terkumpul uang langsung belikan LM 100 gram, seperti itu diulangi terus, apalagi kalau buat kaum hawa, akan terasa sayang sekali untuk menjualnya kembali J. Kemudian jika mau beli rumah atau mau renovasi rumah, mama saya langsung cairkan LM nya. Dengan cara ini bisa terkumpul uang.

Strategi kedua adalah yang lebih modern yakni dengan menggunakan autoinvest, yang mana saya pribadi juga melakukannya. Jadi caranya anda tinggal buka account di suatu bank yang memiliki sistem autoinvest di reksa dana. Setelah itu, anda commit dengan diri anda sendiri setiap bulan harus invest berapa. Lalu setelah terkumpul DP yang cukup, saya cairkan kemudian saya pakai uangnya untuk membeli properti.

Kedua strategi di atas, saya pribadi masih menggunakan sampai saat ini untuk mengumpulkan DP.

Selamat mencoba. Selamat berinvestasi dengan cerdas.