Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

BARU BELI RUMAH, LANGSUNG DIKONTRAK JILID 2

BARU BELI RUMAH, LANGSUNG DIKONTRAK JILID 2

Posted : 25 July 2016

Jilid 2

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

 

 

Salam rumah untuk semua,

 

Tentunya langkah pertama , kita susun perencanaan dulu. Saya ajarin kepada ibu P, pertama dari harga rumah, kita harus sesuaikan dengan penghasilan ibu P dan suami serta DP yang diperlukan. Setelah saya bantu hitung harga rumah yang cocok untuk ibu P ada di bawah 200 juta. Kemudian syarat kedua adalah rumah tersebut harus memiliki dokumen yang lengkap seperti SHM ( Sertifikat Hak Milik ), IMB ( Ijin Mendirikan Bangunan ), PBB ( Pajak Bumi dan Bangunan ). Syarat ketiga adalah rumah tersebut memiliki akses transportasi yang mudah dan terjangkau sampai ke tempat kerja.

Selama 5 bulan dari awal Januari 2016 sampai Mei 2016, ibu P bolak-balik cari saya terus. Kalau rumah yang ini gimana, kalau rumah yang itu gimana ? Ha ha ha, jadi teringat momen saat itu. Kemudian setelah bersusah payah, akhirnya ibu P mendapatkan rumah yang disukainya di Tangerang tapi di harga 290 juta rupiah. Dan ibu P berusaha meyakinkan saya bahwa rumah tersebut sudah murah. Ibu P juga menginformasikan kepada saya , bahwa beliau mendapat pinjaman DP dari pihak saudara suaminya sebesar 30 juta.

Ok kemudian saya menghitung ulang ternyata masih kurang sedikit, melihat kesungguhan ibu P, saya bilang ke beliau, ok saya akan tambahkan bantuan DP nya menjadi 30 juta rupiah. Lalu ibu P sudah mulai mengajukan penawaran di 250 juta rupiah. Ada yang lucu nih waktu tawar-menawar terjadi. Saya tanya kepada ibu P kenapa tidak nawar lebih rendah lagi ? ibu P bilang karena harga rumahnya sudah murah jadi ditawar 250 juta. Beberapa hari kemudian, pemilik rumahnya menurunkan harga lagi di 270 juta rupiah. Ibu P menjadi panik, dia balik cari saya lagi, tanya harus bagaimana ? Saya melihat keadaan dari si pemilik rumah sedang BU dan saat itu memang lagi susah-susahnya jual rumah, saya bilang ibu sabar aja. Ibu bilang gini aja ke pemiliknya, pak, saya hanya sanggupnya di 250 juta bukannya saya tidak mau di 270 juta tapi memang benar sanggupnya hanya 250 juta rupiah.

Beberapa hari kemudian, ibu P dikabari akhirnya deaaaaaalllllllll di angka 250 juta.  Ha ha ha, senangnya hati ibu P, ya saya tentunya senang juga ya. Dan ketika nilai appraisal bank keluar di angka 280 juta, kita jadinya dobel hepi deh.

Nah ada cerita menarik dari rumah tersebut, pada saat serah terima rumah, langsung ditawar mau disewa orang, biasanya beli rumah, kita yang cari sewa, ini malah dikerumunin penyewa. Asik kan ? dan akhirnya rumah tersebut, ibu P sewakan dulu di angka 9 juta per tahun. Hmmm, lumayan yieldnya mencapai 3,6 % per tahun.

Sobat properti, anda bisa meniru ibu P, beli rumah yang banyak peminat sewanya maka niscaya rumah tersebut akan terus memproduksi uang buat anda. Asik kan ? J

Selamat berinvestasi properti dengan cerdas