Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

Batu Akik

Batu Akik

Posted : 12 June 2016

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

Salam rumah untuk semua,

Hai sobat properti, beberapa waktu yang lalu lagi ngetren batu akik, dimana-mana sepanjang jalan banyak dan mudah sekali ditemui orang yang jualan batu akik. Orang yang demen batu akik hampir setiap hari ngegosok batu akik terus biar makin mengkilap. He he he.  Bahkan terkadang juga tahu darimana asal batunya sampai riwayat batunya. Ck ck ck. Ini yang saya sebut sebagai kolektor batu akik.

Dan ternyata ada lho orang yang hobinya mengoleksi tanah ataupun properti lainnya dan menjadi barang koleksian. Kemudian pertanyaannya adalah apakah hal tersebut benar atau salah ?

Pertama-tama kita pahami dulu konsep berpikirnya orang ini seperti apa ? yang pasti orang ini yang saya sebut memiliki gaya main properti seperti kolektor batu akik. Ha ha ha. Atau ada beberapa teman yang menyebutnya sebagai juragan properti.

Benar atau salah ? agak relatif ya tergantung sudut pandangnya, kalau dilihat sebagai investasi jangka panjang, ya tidak salah juga, jika dia ada uang dia beli, kumpulin uang lagi, ada properti bagus lagi, dia beli lagi. Terus diulang seperti itu sama dia. Dan pastinya dia bangga dengan kepemilikan properti yang sekian banyak, jadinya mirip kan dengan kolektor batu akik yang bangga dengan memiliki sekian banyak batu akik.

Tapi kalau dari sudut pandang penulis, yang mana tolak ukurnya adalah properti sebagai mesin uang, maka jelas cara yang dipraktekkan si juragan properti ini salah  karena dia tidak pernah memaksimalkan properti yang ada, karena prinsip dia adalah sebagai barang koleksi. Dia tidak pernah switching properti ( jual di harga tinggi, beli di harga rendah ).

So, pilihannya ada di tangan anda semua

Selamat berinvestasi properti secara cerdas