Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Hunian Apartemen

Hal – Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Membeli Hunian Apartemen

Posted : 15 January 2016

Pertumbuhan properti dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan yang signifikan, terlebih di awal tahun 2016 ini, sudah mulai banyak permintaan untuk tersedia-nya hunian tempat tinggal yang terjangkau dan layak. Salah satunya adalah pertumbuhan Apartemen yang sudah mulai dibangun secara merata di berbagai tempat. Mungkin masih banyak yang belum mengerti apa itu arti dari kata Apartemen itu sendiri, dikutip dari Wikipedia,” Apartemen merupakan sebuah model tempat tinggal yang hanya mengambil sebagian kecil ruang dari suatu bangunan. Suatu gedung apartemen dapat memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen”. Banyak-nya Apartemen yang dibangun bukan tanpa alasan, saat ini sudah banyak tanah dan lahan kosong yang semakin habis sehingga untuk membuat rumah baru sesuai idaman semakin kecil persentasenya, sehingga Apartemen bisa menjadi salah satu solusi alternatif.   

Apabila anda ingin memutuskan untuk tinggal dan membeli sebuah Apartemen, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan sebelum melakukan transaksi pembelian. Karena dalam hal ini anda harus memperhatikan banyak faktor dan hal lainnya. Dan berikut ini adalah beberapa faktor yang bisa anda pertimbangkan terlebih dahulu :

1.  Buatlah Daftar Perencanaan yang Matang dan Lakukan Survey

Sebelum anda melakukan sesuatu lebih jauh ada baiknya anda membuat suatu gambaran rencana yang jelas tentang berbagai hal yang akan anda lakukan dan berbagai perkiraan yang bisa saja terjadi. Memang terkesan agak sulit, namun sebenarnya tidak, karena dengan adanya hal ini anda akan dibantu untuk memikirkan lebih jauh dan matang tentang rencanan yang akan anda lakukan dan juga bisa meminimalisir resiko kerugian yang bisa terjadi.

 

2.  Tentukan Lokasi dengan Tepat

Setelah itu, anda bisa memilih lokasi apartemen yang strategis. Maksudnya disini adalah anda bisa menyesuaikan dan memilih lokasi Apartemen yang anda inginkan kalau bisa anda mencari lokasi yang berdekatan dengan pusat perbelanjaan, pusat kesehatan ataupun bisa menuju berbagai akses arah tujuan dengan waktu yang relatif lebih singkat contoahnya adalah tol. Hal ini bisa membuat potensi di masa mendatang, sehingga anda memiliki aset properti dengan nilai jual yang relatif tinggi.

 

3.  Fasilitas yang Anda Dapatkan

Pada tahap ini, anda bisa menanyakan apabila anda membeli unit Apartemen tersebut, fasilitas apa saja yang akan anda dapatkan serta bagaimana kondisi ruangan kamar, luasnya serta berbagai pertanyaan lain yang bisa anda tanyakan tentang kebutuhan ataupun fasilitas yang bisa anda gunakan. Jangan sampai hal ini terlewatkan, karena apabila terjadi mungkin saja di lain hari anda bisa mengalami kekecewaan karena kurangnya informasi yang anda cari tahu sebelumnya.

 

4.  Jangan Lupa Bernegosiasi

Setelah anda selesai mendapatkan informasi secara keseluruhan dan anda puas, sehingga menarik minat anda untuk membelinya. Anda bisa membicarakan masalah harga yang diberikan, bagaimana tata cara pembayarannya untuk uang muka, cicilan ataupun hal lainnya (sebaiknya anda bisa menyesuaikan dengan kemampuan finansial anda). Dan apabila memungkinkan, anda bisa mencoba bernegosiasi langsung kepada pihak yang bersangkutan entah kepada pihak Developer-nya ataupun Agent Property mengenai masalah harga yang diberikan. Solusi terbaik disini adalah win-win solution, sehingga semua pihak sama-sama diuntungkan dan menjalin hubungan yang baik.

 

5.  Status Kelengkapan Dokumen dan Legalitas

Dalam melakukan pembelian Apartemen  anda juga harus memperhatikan status tanah bangunan Apartemen. Pastikan bahwa tanah yang dipakai sebagai lahan bangunan Apartemen bukanlah tanah sengketa atau masih berstatus sewa. Pastikan juga dokumen-dokumen dan kelengkapan lainnya yang akan anda dapatkan sebagai bukti yang sah.

Hal ini juga sangat penting dan jangan sampai terlewatkan, anda harus dengan teliti dan mempertanyakan bagaimana kelengkapan surat-surat serta legalitas unit Apartemen yang akan anda tempati, bila memungkinkan anda bisa melakukan transaksi di depan Notaris agar memiliki kekuatan hukum yang sah dan menjadi kegiatan transaksi yang legal di mata hukum.

Itulah beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan sebelum melakukan pembelian Apartemen. Ada baiknya anda mencari tahu profil Developer sebelum memutuskan suatu keputusan, pilihan profile Developer yang menyediakan fasilitas dan kualitas jual apartemen yang bisa dipercaya.