Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

Investasi Apartemen Cosmo Terrace

Investasi Apartemen Cosmo Terrace

Posted : 09 February 2016

Jakarta, 15 Januari 2016

Jilid 1

Salam rumah untuk semua,                                                                                       

Hai sobat properti, apa kabar? pada topik kali ini, saya mau sharing mengenai salah satu investasi saya di apartemen cosmo terrace untuk selanjutnya akan disingkat Coster. Apartemen Coster terletak di atas Mal Thamrin City di jalan raya K. H. Mas Mansyur sebagai tambahan informasi bahwa di atas Mal Thamrin City ada 3 apartemen dan satu Town House. Ketiga apartemen tersebut adalah apartemen Cosmo Mansion, Cosmo Residence, keduanya juga dikenal dengan nama Jakarta Residence, kemudian ada Apartemen Cosmo Terrace dan Town House-nya bernama Cosmo Park. Ketiga apartemen tersebut adalah investasi yang bagus, pilihan saya jatuh ke Coster karena saya menganggap ini apartemen paling baru di antara ketiganya. Kalau Jakarta Residence juga bagus karena dekat dengan GI (Grand Indonesia) jadi masing-masing apartemen ada kelebihan masing-masing.

Kembali ke Apartemen Coster, semenjak januari 2012, saya sudah tahu tentang apartemen ini tapi begitu saya survei ke lokasi masih sepi dan belum banyak penghuni, sedangkan untuk berinvestasi syarat okupansi yang diperlukan adalah minimal 50% (menurut pengalaman dan pengamatan saya) karena secara logika dengan berpenghuni  di atas 50% berarti apartemen tersebut layak dihuni, kalau layak dihuni berarti cari penyewa mudah, kalau cari penyewa mudah berarti nilai investasi akan dengan sendirinya meningkat. Akhirnya pada januari 2012, saya memutuskan belum akan membeli dahulu. Lalu pada bulan Agustus 2012, begitu saya main lagi ke sana dan saya berada disana ternyata sudah mulai terlihat banyak orang dan banyak orang luar negeri. Then i said to myself, it's time to buy Coster.

Mulailah disusun strategi hunting apartemen. Berikut adalah data yang saya dapat mengenai Apartemen Coster, ada sekitar 400 unit di Coster. Tipenya ada 3 jenis yakni studio 1 Bedroom (BR), 2 Bedroom (BR). Market Base-nya adalah 2 BR dengan jumlah sekitar 50%, 1 BR sekitar 30% dan studio sekitar 20%. Saya mau beli 2 BR, tapi melihat ketersediaan dana untuk DP nya, jadi turun ke 1 BR.

Ok sekarang fokus ke 1 BR, suatu hari saya lihat iklan dijual Apartemen Cosmo Terrace lantai 19 di harga 650 juta kondisi semi furnished. Ok, saya set hari untuk survey unitnya kemudian pada saat hari yang ditentukan, saya bertemu agen-nya dan saya lihat unitnya, ini sudah 80% jadi dan furnish-nya baru (ternyata yang punya adalah pasangan muda rencana mau ditempati dan ternyata suaminya diterima kerja di Australia sehingga mereka mau jual dan menggunakan uangnya untuk menambah jumlah dana di rekening) dan saya hitung cap ratenya masuk di  9% dengan kondisi uang sewa di 6 juta per bulan. Saya bilang dalam hati, "saya hanya perlu nambah 20 juta untuk renovasi sedikit soal harga tentu sudah dicek dan ini termasuk yang best price". Perhatikan sobat properti, pada saat saya mengambil keputusan, saya tidak memusingkan soal bagus atau tidak, cocok atau tidak dengan selera saya, arahnya hadap mana yang saya lihat hanya satu, harga propertinya undervalue, untung pada saat membeli.  Pada ulasan berikutnya akan diceritakan bagaimana saya closing the deal.

Bersambung ke jilid 2.

By :  Eric Hermanto