Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

INVESTASI PROPERTI BUKAN DAGANG PROPERTI

INVESTASI PROPERTI BUKAN DAGANG PROPERTI

Posted : 18 April 2016

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

 

Salam rumah untuk semua,

 

Hai sobat properti, tulisan ini sengaja saya angkat karena mengingat teman-teman yang berinvestasi properti masih banyak berpikir seperti dagang properti, dan ini adalah salah kaprah. Dagang properti sama sekali berbeda dengan investasi properti. Contoh sederhananya seperti ini : katakanlah seorang ibu A baru berhenti bekerja, tapi dia punya uang untuk beli properti, kemudian dia mulai memikirkan segala macam cara agar bisa bermain di properti, nah ini salah kaprah, karena dia melakukan investasi properti dengan pola pikir dagang properti.

Perbedaan mendasar dari dagang properti dan investasi properti adalah kalau dagang properti omset bisa kita yang tentukan sedangkan kalau investasi properti, capital gain yang kita dapatkan tidak bisa kita tentukan karena sepenuhnya bergantung pada market.

Adapun contoh dari dagang properti adalah developer ( pengembang ), agen properti. Kalau developer bisa menentukan berapa unit yang mau dibangun, mau dijual harga berapa, bagaimana strateginya, Time Frame  dan lain sebagainya. Demikian juga agen properti, mereka memikirkan bagaimana bisa menjual lebih cepat, bagaimana meningkatkan penjualan, mendapatkan listing-an properti dan seterusnya.

Beda dengan investasi properti, kegiatan investasi properti, kita mencari properti undervalue, kita beli, kita maksimalkan pendapatan dengan sewa kemudian kita jual sekian tahun ke depan. Dalam berinvestasi properti, kita tidak bisa menentukan harga jual properti karena semuanya mengikuti harga pasar. Dalam berinvestasi properti juga dibutuhkan kesabaran, karena properti butuh waktu untuk tumbuh.

Di jaman yang serba instan ini, orang sering menuntut semuanya serba instan sehingga maunya serba cepat. Tetapi dalam berinvestasi properti tidak bisa seperti itu, karena properti membutuhkan waktu untuk bertumbuh.

Satu perbedaan lagi dagang properti harus full time sedangkan investasi properti bisa dilakukan part time.

Jadi akhir kata, dagang properti berbeda dengan investasi properti, semoga artikel bisa memberikan pencerahan bagi sobat properti

Selamat berinvestasi properti secara cerdas.