Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

KESALAHAN SI UCOK

KESALAHAN SI UCOK

Posted : 24 October 2016

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

Salam rumah untuk semua,

Hai Sobat properti, pada kesempatan kali ini kita akan bahas tentang si Ucok. Kesalahan dalam berinvestasi properti yang Ucok lakukan banyak sekali dijumpai oleh sobat-sobat properti. Semoga artikel kali ini bisa membantu para sobat properti untuk lebih cerdas dalam berinvestasi properti. Btw, Ucok siapa ya ? ha ha ha, pastinya para sobat properti ingin berkenalan ya sama si ucok. Yuk kita kenalan sama si Ucok.

Berikut saya salin dari harian KOMPAS, Selasa, 20 September 2016 pada halaman 25 dengan judul ‘ Cermat dalam Berinvestasi Properti…’

Ucok (35) tidak pernah menyangka akan kehilangan uang dari investasi properti. Tidak sedikit pun dia menduga akan merugi. Bertentangan dengan kepercayaan sejumlah orang, ternyata harga properti tidak selalu akan naik. Cermat dalam membeli properti ternyata begitu penting.

Eric : Cermat dalam membeli properti memang penting. Properti di Indonesia pada dasarnya akan selalu naik asalkan punya pengetahuan akan investasi properti. Kenaikan harga properti bisa dilihat dari dua faktor : faktor luar properti dan faktor dalam properti itu sendiri. Kalau dilihat dari faktor luar, dikarenakan inflasi di Indonesia masih tinggi dengan rata-rata inflasi tahunan 6,2 % per tahun dalam 8 tahun terakhir ( 2008 – 2015 ), kondisi  rupiah yang selalu melemah L, kemudian pembayaran BPHTB  5 % dan pajak penjual sebesar 5 % ( walaupun per Oktober 2016 sudah mulai berlaku pajak penjual 2,5 % ) sehingga sebelumnya minimal orang akan secara otomatis menaikkan harga jual properti 10 % dikarenakan masalah pajak jual dan beli. Nah inilah yang saya sebut sebagai beberapa faktor luar dimana di luar kuasa kita untuk mengatur terjadinya kenaikan harga properti.

Kemudian bagaimana dengan faktor dalam properti ? nah ini yang saya sebut kita perlu pengetahuan tentang investasi properti dan ini perlu kita pelajari. Kapan harus beli, kapan harus jual, properti seperti apa yang kita harus beli, properti jenis apa yang sebaiknya kita hindarkan, bagaimana lokasinya ? bagaimana okupansinya ? apakah propertinya mudah disewakan atau dijual ? dan lain sebagainya. Banyak cara untuk meningkatkan pengetahuan Investasi Properti baik melalui buku, seminar, sekolah properti, networking, internet, atau bisa juga belajar dari Dunia Investasi Properti di www.abdi.daduhost.us ( oops lagi promo nih J ).

Ok kita sambung lagi ya ke jilid 2 untuk membahas kesalahan si Ucok dan tindakan pencegahannya serta solusinya seperti apa ?

Selamat berinvestasi properti secara cerdas.