Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

LONG DAN SHORT INVESTOR, ANDA TERMASUK YANG MANA ?

LONG DAN SHORT INVESTOR, ANDA TERMASUK YANG MANA ?

Posted : 22 November 2015

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

 

Salam rumah untuk semua,

 

Kira-kira ya sobat properti, pernah menganalisa gak, anda termasuk tipe investor apa ? Ada 2 macam tipe Investor jika dilihat dari sudut pandang lamanya si investor menahan barang. Yakni tam tara tam  Long Investor dan Short Investor. Nah jika anda tipe short Investor ( ini maksudnya investor jangka pendek ya, bukan investornya yang pendek, ha ha ha ) , maka anda biasanya hanya menahan barang selama 2 tahun. Kemudian jika anda seorang tipe Long Investor ( Investor jangka panjang ), maka anda biasanya menahan barang minimal selama 5 tahun.

Lalu mana yang lebih menguntungkan long atau short investor ? sebenarnya dua-duanya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ayo mari kita simak.

Kita lihat Short Investor dulu ya, ini adalah tipe yang senang main jangka pendek biasanya ciri-cirinya adalah pemain barang primary  atau barang pre-launch, tahan 2 tahun sebelum serah terima dijual. Ini adalah tipe yang senang memutar uangnya dengan cepat. Tipe yang tidak suka pegang satu barang terlalu lama. Kekurangannya tentu keuntungan tidak maksimal karena terkena pajak pembeli dan penjual yang cukup besar.

Kemudian kalau Long Investor berarti lawannya short investor, senang main jangka panjang, lebih sabar, bahkan terkadang ada yang tidak dijual, ayo siapa diantara sobat properti yang seperti ini. Biasanya tipe yang ini lebih banyak bermain di pasar secondary. Nanti di artikel selanjutnya saya akan bahas lebih mendetail tentang pasar primary dan secondary.

Nah sebagai langkah awal, anda sebaiknya menetapkan dahulu, anda tipe yang mana ? jadi tidak galau di tengah jalan. Sama seperti penulis, saya sudah menetapkan saya adalah tipe Long Investor. Lebih suka main yang lebih slow. Tapi jika ada kesempatan seperti 2012 lagi, dimana kenaikan properti gila-gilaan, maka penulis akan langsung jual dalam 2 tahun tentunya dengan catatan bisa beli 2 properti lagi, kita bikin anak berpinak. Mantap kan sobat properti ?

Jadi anda termasuk tipe yang mana ? silakan tentukan sendiri.

Selamat berinvestasi properti secara cerdas.