Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

Macam-Macam KPR

Macam-Macam KPR

Posted : 06 December 2015

 

Jilid 1

KPR = Kredit Pemilikan Rumah

Salam rumah untuk semua,

Hai Sobat Properti, ternyata KPR itu ada banyak macamnya dan masing-masing Bank memiliki keunggulan-nya dalam produk KPR. Nah pada artikel kali ini yang saya bahas adalah yang ada di Indonesia dan artikel ini dibuat pada bulan November 2015. Jadi kalau setelah November 2015 ada produk yang baru, silakan update sendiri ya atau boleh juga kontak penulis.

Secara garis besar ada empat model KPR dilihat dari cara pengenaan bunganya. Sebelum saya bahas lebih lanjut tentang macam-macam KPR, saya bahas dulu soal tenor yang tidak kalah pentingnya sama macam-macam KPR. Kalau dilihat dari tenor (lama waktu pinjaman) bervariatif tergantung jenis propertinya (rumah, apartemen, ruko dan lain-nya) serta tergantung Bank juga yakni antara 15 tahun – 30 tahun. Di Singapura, rata-rata Bank sudah memberikan tenor 30 tahun ke depan-nya banyak Bank di Indonesia juga akan mengikuti dan memberikan tenor 30 tahun. Saat ini Bank yang berani memberikan tenor 30 tahun baru BII (Maybank) dan MNC dengan adanya tenor 30 tahun, diharapkan anak-anak muda Indonesia bisa lebih mudah mendapatkan rumah.

KPR Bank Konvensional

 

Dihitung menggunakan bunga efektif (compound interest). Biasanya ditawarkan dengan suku bunga fixed 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan tentunya dengan suku bunga fixed semakin lama pastinya bunga ditawarkan semakin besar contoh yang terjadi sekarang, kalau bunga fixed 2 tahun ditawarkan di angka 9%, maka bunga fixed 10 tahun ditawarkan di angka 12,5%. Kelebihannya tentu pada saat masa fixed, kita menikmati bunga yang murah, tapi ketika memasuki masa floating akan terjadi kenaikan yang cukup signifikan, mengingat bunga floating saat ini di 13% maka kebanyakan orang akan kaget ketika cicilannya meningkat menjadi 1,5 kali lipatnya. Ada satu Bank yang dominan sekali dalam memberikan bunga murah di area KPR Bank Konvensional ini, jadi untuk mengalahkan-nya, Bank yang lain harus kreatif menciptakan produk.

 

KPR Bank Syariah

 

KPR jenis ini sesuai dengan syariat Islam. Kelebihannya dari awal sampai akhir cicilannya cenderung tetap tapi agak kurang kompetitif jika dibandingkan dengan KPR Konvensional. KPR Syariah memiliki keunggulan lain-nya di aturan LTV (Loan To Value) cenderung lebih tinggi. Nah, saat ini ada KPR Syariah model baru yakni mereka menyebutnya KPR Bank Syariah model tiering yang syariah model ini cukup kompetitif dibanding konvensional, saat ini yang penulis tahu model tiering hanya ada di Permata Syariah, BII Syariah (Maybank Syariah). Model tiering ini mirip seperti konvesional tapi disejalankan dengan syariat Islam. Ini kreatif-kreatifnya Bank. Bersambung ke Jilid 2.

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia