Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

Mengapa Harga Sewa Apartemen Bisa Tinggi ?

Mengapa Harga Sewa Apartemen Bisa Tinggi ?

Posted : 18 January 2016

MENGAPA HARGA SEWA APARTEMEN BISA TINGGI ?

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

Salam rumah untuk semua,                                                                         Jakarta, 16 Januari 2016

 

Haloooo sobat properti, bertemu lagi dengan saya, tetap semangat ya. Pernah terpikir gak kenapa harga sewa apartemen itu secara rata-rata bisa sampai 7-10 % per tahun ? sedangkan harga sewa rumah hanya di kisaran 2-3 % ? Apa yang membuat perbedaan harga sewa keduanya ?

Saya mengambil perbandingan antara apartemen dan rumah dikarenakan keduanya adalah digunakan untuk tempat tinggal. Ok, katakanlah di suatu lokasi yang sama ada apartemen dan rumah persis bersebelahan, kita ambil contoh yang ekstrim ya.

Spesifikasi rumah adalah luas tanah 100 m2, luas bangunan 120 m2, dengan 3 kamar tidur. Harga rumah tersebut sebesar 3,5 M rupiah. Harga sewa Rp. 100 juta per tahun.

Spesifikasi apartemen adalah luas bangunan sebesar 54 m2,  3 kamar tidur dengan harga di 1,3 M. Harga sewa Rp. 100 juta per tahun.

Jadi untuk perbandingannya saya ambil patokan yang sama di harga sewanya Rp.100 juta per tahun. Nah pertanyaannya kenapa bisa seperti itu ?

Pertama, Rumah ada tanah dan ada bangunan, sedangkan apartemen praktis hanya bangunan saja, kepemilikan tanahnya dibagi prorata, jadinya tanah apartemen itu kecil sekali. Anda bisa lihat perbandingan bumi dan bangunan di PBB ( Pajak Bumi dan Bangunan ).

Kedua, kalau apartemen karena dengan tanah yang ada dibangun sampai puluhan lantai vertikal ke atas, maka secara otomatis akan mengurangi biaya membangunnya sehingga harga setiap unit bisa lebih murah. Semakin tinggi bangunannya akan membuat harga per unitnya menjadi lebih murah lagi.

Ketiga, dengan lokasi yang sama-sama prime + dengan fasilitas yang ada di apartemen seperti kolam renang, gym, laundry, minimart dan sebagainya, serta kepraktisan tinggal di apartemen maka orang rela membayar uang sewa dengan jumlah yang sama sekalipun mendapatkan luas yang lebih kecil.

Demikian sharing knowledge dari saya. Semoga bermanfaat untuk anda semua.

Selamat berinvestasi properti secara cerdas