Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

MENYEWAKAN DENGAN HATI JILID I

MENYEWAKAN DENGAN HATI JILID I

Posted : 03 October 2016

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

 

Salam rumah untuk semua,

Hai sobat properti, salam semangat, salah satu kunci sukses dalam berinvestasi adalah disiplin. Seperti yang saya pernah jabarkan bahwa saya memiliki konsep investasi Grand Property Scheme dimana di dalamnya saya jabarkan untuk konsistensi pembelian satu properti setiap tahun.

Pembelian properti di tahun 2016 jatuh di bulan september, katakanlah saya membeli sebuah apartemen C. Apartemen tersebut dalam bentuk unfurnish ( kosongan ) luas 62 m2. Kemudian saya renovasi total menggunakan interior yang sifatnya customized artinya interior yang menyesuaikan dengan kondisi unit. Psstttt…. Jangan mem-furnish apartemen anda dengan perabotan dari toko furnitur karena pasti jadinya kurang bagus. Sekarang ini banyak interior yang harganya kompetitif.

Ketika saya merenovasi, saya selalu memikirkan bagaimana seandainya kalau saya yang tinggal, apakah saya merasa nyaman ? Apakah semuanya sudah lengkap, apalagi yang kurang ? Saya selalu cek apakah ac-nya sudah dingin ? Apakah water heater nya berfungsi dengan baik sehingga airnya hangat ? Apakah air minum sudah tersedia ? Apakah kompornya sudah menyala dengan baik ? dan seterusnya.

Setelah semuanya diperiksa dengan benar, langkah selanjutnya tentu adalah mulai memasarkan sewanya. Saya tahu bahwa saat ini sedang sulit mencari penyewa, terlebih ketika kondisi komoditas seperti tambang, minyak sedang jatuh.

Tentunya mendapatkan penyewa sangat penting, tetapi ketika mencari penyewa, yang pertama terlintas dalam pikiranku adalah bagaimana menyediakan suatu tempat tinggal yang nyaman buat si penyewa. Akhirnya setelah iklan dipasang satu hari, masuklah sebuah email dari seorang berkebangsaan Jerman, kita sebut saja namanya Mr. X, beliau hendak menyewa apartemenku. Lalu aku pun bertekad akan memberikan pelayanan terbaik agar bisa langsung tersewa.

Pertama, dari segi waktu, janjian datang harus on time ( tepat waktu ). Aku pasang harga sewa di angka 11 juta rupiah per bulan dengan minimal sewa 6 bulan sudah termasuk maintenance fee, internet dan TV Cable.  ( di atas harga rata-rata pasaran sekitar 9 juta – 10 juta rupiah, karena konsep bisnis sewa-menyewa apartemen adalah bisnis jasa, jadi yang terpenting adalah servis bukan banting-banting harga ). Hebatnya lagi Mr. X langsung deal di angka 11 juta rupiah per bulan, langsung dibayar di muka 6 bulan tanpa ditawar. Mau tahu kelanjutannya ? tunggu di Jilid 2…… J

Selamat berinvestasi properti secara cerdas