Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

PERBANDINGAN JENIS - JENIS PROPERTI JILID 4

PERBANDINGAN JENIS - JENIS PROPERTI JILID 4

Posted : 10 January 2016

Salam rumah untuk semua,                                                                         Jakarta, 12 Desember 2015

 

  • Apartemen

 

Untuk sekarang ini, penulis menganggap Apartemen sama dengan Kondominium juga sama dengan SOHO ( Small Office Home Office ).

 

Dalam berinvestasi apartemen, sebaiknya memenuhi dua kriteria yakni dimana harga tanah tidak terjangkau dan banyak gedung perkantoran. Jumlah gedung perkantoran harus lebih banyak daripada apartemen. Ketika suatu lokasi apartemen memenuhi kedua kriteria ini, baru menarik untuk investasi.

 

Yield apartemen masuk di atas angka 7 %

Soal harga apartemen juga masuk di bawah 2,5 M

Dari segi bankable juga masuk, karena apartemen sifatnya residensial dan bersertifikat HGB         ( Hak Guna Bangunan )

 

Wow, berarti apartemen masuk properti premium. Yap, properti jenis ini adalah termasuk favorit penulis. He he he.

 

  • Tanah

 

Cukup banyak orang Indonesia yang suka dengan investasi Tanah. Katanya siapa memiliki tanah, dialah rajanya, kayak zaman penjajahan Belanda ya . He he he.

 

Yield tanah tidak masuk. Penulis pernah menghitung, bahwa jika tanah disewakan ke 7 E*ev*n, ataupun ke Ind*mar*t, Sh*ll, tetap tidak masuk hitungan Yield-nya .

 

Kalau soal harga masih masuk di bawah 2,5 M

Kalau dari bankable, nah ini masih 50-50 karena agak sulit bank yang mau menerima agunan jika masih berupa Tanah, karena faktor resikonya lebih besar.  Jika adapun pasti tenornya pendek. Kalau dari pengalaman penulis, Tanah dikategorikan bukan termasuk properti yang bankable.

 

Tapi kalau memang hobinya Tanah, berinvestasilah pada tanah yang sudah SHM. Ada baiknya mengecek ke Rencana Tata Kota dan tanyakan peruntukan tanah agar tidak menyesal di kemudian hari.

  • Perkantoran / Office Building

 

Buat sobat properti yang senang hidup di kota modern, pastinya senang dengan investasi yang satu ini. Properti perkantoran yang dimaksud disini adalah gedung perkantoran.

 

  • -nya masuk di atas angka 7 %.

Harga di bawah 2,5 M juga semakin jarang, karena perkantoran biasanya luasnya di atas 100 m2.

Karena perkantoran sifatnya komersial , maka bukan termasuk agunan yang baik, jadi tidak bankable .

 

Bagi yang suka investasi perkantoran, pilihlah di daerah premium, yang memang banyak gedung perkantoran dan berada di jalan arteri. Contohnya perkantoran di daerah CBD segitiga emas       ( Sudirman, Thamrin, Kuningan ), Pondok Indah dan T.B Simatupang.

 

  • Rumah Kos

 

Terkenang deh masa-masa kuliah dengan ibu kos. Ha ha ha.

 

Rumah kos atau sering disebut dengan kos-kosan juga merupakan salah satu properti favorit penulis .

 

  • -nya masuk di atas 7 %.

Harga masih masuk di bawah 2,5 M.

Karena rumah kos pada dasarnya berbentuk rumah, maka  pada umumnya memegang Sertifikat Hak Milik, jadi rumah Kos termasuk Bankable.

 

Pantangan besar bagi rumah kos yakni, jangan operasikan rumah kos di daerah perumahan menengah atas seperti di Pluit, PIK, Alam Sutera dan seterusnya. Karena  pastinya tetangga akan komplain akan keberadaan rumah kos anda, dianggap mengganggu ketenangan.

 

Rumah kos sebaiknya berada di daerah perumahan yang mana memang market base-nya adalah rumah-rumah kos seperti daerah Tanjung duren, Karet, Bendungan Hilir, Senen, Kramat dan seterusnya.

 

Selamat Berinvestasi dengan cerdas