Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

Saya Umur 50 Tahun, Bagaimana Berinvestasi Properti?

Saya Umur 50 Tahun, Bagaimana Berinvestasi Properti?

Posted : 10 April 2016

Salam rumah untuk semua,

Halo sobat properti, seringkali peserta seminar bilang ke saya bahwa Pak Eric kan masih muda, jadi mau investasi properti lebih mudah juga, berikut akan saya paparkan bagaimana jika umur di atas 50 tahun bisa berinvestasi properti jadi berapapun umur Anda bukan halangan untuk berinvestasi. Mantap bukan?

Ada satu cerita dari salah satu teman saya, saat dia bercerita dia berusia 57 tahun kemudian dia mengajukan KPR dan mendapatkan plafon 1 M serta diberikan tenor 13 tahun sampai umur 70 tahun tetapi berhubung usianya di angka 57 tahun, maka bank mengenakan premi asuransi jiwa yang cukup tinggi untuk beliau yakni di angka 4 permil atau sama dengan 4/1000 x Rp. 1 M = Rp. 40 juta. Waktu itu teman saya ini keberatan dengan angka preminya karena terlalu besar, akhirnya saya bilang ke beliau bahwa tidak masalah kalau kita bayar 40 juta untuk asuransi jiwa, karena kalau kita meninggal suatu hari (dan semua orang pasti meninggal ya) maka secara otomatis hutang kita di bank langsung lunas dan properti kita bisa diwariskan secara gratis ke anak cucu kita. Asyik bukan?

Ada juga satu cerita dari seorang ibu-ibu berumur 62 tahun, dia masih dikasih pinjam sama bank sampai usia 70 tahun. Pertanyaannya mengapa bisa begitu? bukannya orang dengan usia senior itu agak beresiko ya? ternyata bank itu melihat track record si debitur karena track record nya bagus, makanya bank akan menawarkan dan memberikan pinjaman terus. Jadi ingat sobat properti, selalu tepat waktu dalam membayar cicilan. Kuncinya adalah disiplin tinggi.

Strategi yang lain bagi anda yang berusia di atas 50 tahun adalah anda bisa gabung dengan yang muda agar bisa bankable. Anda bisa ciptakan sinergi antara keduanya. Anak muda yang berpenghasilan bagus belum tentu punya uang untuk DP (Down Payment), tapi senior pasti memiliki uang cash lebih banyak sehingga bisa bersinergi dan memberikan win-win solution karena balik lagi apa tujuan kita berinvestasi yakni cari untung.

Selamat berinvestasi properti secara cerdas.

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia