Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

SUPER B.U.

SUPER B.U.

Posted : 27 November 2016

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

 

Salam rumah untuk semua,

BU apaan tuh ? kali aja ada yang belum tahu ya sobat properti,  BU merupakan singkatan dari butuh uang. Sampai di jalan tadi saya lihat ada tulisan SPBU, eits bukan pom bensin ya tapi SPBU = Siapa Pun Butuh Uang. Ha ha ha.

Sobat properti, ketika kita kesulitan dalam keuangan maka ada 2 jalan yang kita bisa tempuh yakni tindakan preventif dan mencari solusinya. Tindakan preventif adalah pertama dari pikiran kita, seharusnya kita tidak boleh pikirkan BU, kita harus buang jauh-jauh pikiran BU, kenapa ? karena kalau kita berpikir BU terus, maka hanya itu yang kepikiran, sayang dong kalau pikiran kita hanya mikirin BU doang, jadinya gak bisa mikir yang lain.

Kemudian tindakan preventif lainnya adalah persiapan dong. Setiap bulan kita terima uang disisihkan menjadi 3 bagian :

  • Bagian pertama ( 25 % ) ditabung sebagai cadangan untuk masa-masa sulit
  • Bagian kedua ( 25 % ) digunakan sebagai investasi, artinya uangnya diinvestasikan kembali sehingga menjadi uang
  • Bagian ketiga sebesar 50 % digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Besaran persentasenya bisa diatur sendiri disesuaikan dari besaran penghasilan, kondisi keluarga ( apakah masih sendiri, sudah bersuami atau sudah beristri, berapa anak ). Contoh : misalnya si A sudah berkeluarga dengan 2 orang anak dan penghasilan si A sebesar 10 juta per bulan, maka si A bisa menyisihkan bagian pertama sebesar 20 % = 2 juta untuk ditabung, bagian kedua 20 % = 2 juta sebagai investasi, lalu 2 bagian sisanya sebesar 60 % = 6 juta digunakan untuk kebutuhan sehari-hari mengingat si A sudah memiliki istri dan 2 anak. Contoh lainnya misal si B dengan penghasilan 60 juta per bulan, kondisi keluarga sama dengan si A sudah berkeluarga dan 2 anak. Maka si B bisa membaginya sebagai berikut : bagian pertama sebesar 30 % = 18 juta untuk ditabung, bagian kedua sebesar 30 % = 18 juta untuk diinvestasikan kembali, kemudian sisanya 40 % = 24 juta untuk kebutuhan sehari-hari, wow pastinya lebih dari cukup ya. Balik lagi ke pribadi kita masing-masing sobat properti, saran penulis baiknya selalu terapkan hidup sederhana.

Lanjut ke jalan kedua yakni mencari solusi.. eitsss.. bersambung ke jilid 2…