Hotline : 0858 1012 8912
Bahasa: 

News at PT. Abdi Properti Indonesia

TAGIHAN OH TAGIHAN

TAGIHAN OH TAGIHAN

Posted : 26 August 2016

Oleh : Eric Hermanto – PT. Abdi Properti Indonesia

               

 

Salam rumah untuk semua,

 

Hai sobat properti, setiap orang setiap bulannya pastinya ada bayar tagihan ya. Tagihan kan macam-macam bentuknya ada tagihan listrik, tagihan telepon, air, internet, pulsa telepon, kartu kredit, cicilan kredit  dan lain sebagainya. Bahkan sampai ada yang bilang ‘Hanya tagihan yang membuatku rajin bekerja’. Ha ha ha.

Kira-kira salah gak jika menjadikan TAGIHAN sebagai motivasi dalam bekerja kita mencari uang ? he he he. Kurang tepat ya sobat properti, jika motivasi kita bekerja mencari uang adalah untuk membayar TAGIHAN. Jauh lebih baik jika kita berpikir motivasi dalam bekerja adalah untuk membangun pendapatan pasif sehingga bisa menutupi TAGIHAN. Sehingga fokus kita adalah membangun pendapatan pasif.

Lalu bagaimana sikap kita dalam menghadapi persoalan tagihan ini ? Ketika kita terima gaji atau uang setiap bulannya baik sebagai karyawan maupun sebagai wiraswasta, apa yang sebaiknya kita lakukan ? sebaiknya langkah pertama adalah sisihkan uang untuk ditabung atau diinvestasikan, kemudian baru bayar tagihan. Awas jangan terbalik ya sobat properti, karena kebanyakan orang memiliki mindset bayar tagihan dahulu baru menabung atau investasi, menurut saya pola pikir seperti ini adalah salah besar.

Kalau kita membayar tagihan dahulu, maka yang terjadi kebanyakan adalah tidak ada uang yang ditabung ataupun diinvestasikan. Supaya lebih jelasnya saya berikan contoh ya.

Katakanlah si A memiliki penghasilan sebesar 5 juta per bulan, dan status si A adalah masih single berarti seharusnya si A minimal bisa menyisihkan 2 juta per bulan. Artinya si A menyisihkan dulu uang Rp. 2 juta untuk ditabung atau diinvestasikan, kemudian baru sisa uangnya digunakan untuk membayar tagihan, kalau masih ada sisa ya ditabung lagi atau diinvestasikan lagi. He he he belajar pakai jurus orang pelit.

Demikian sobat properti semoga anda semakin kaya dengan mengatasi TAGIHAN. J

Selamat berinvestasi secara cerdas.